Lawan Lemak Tubuh Dengan Makanan Ini

Memiliki timbunan lemak ditubuh memang tidak menyenangkan dan juga tidak sehat. Timbunan lemak adalah lemak yang mengelilingi hati dan organ lain di perut. Banyak orang yang ingin menghilangkan lemak ditubuhnya dengan menggunakan berbagai cara. Meski tidak ada cara yang tepat untuk menghilangkannya, namun Anda dapat merubah pola hidup agar kesehatan meningkat sehingga resiko dampak negatif dari lemak tubuh tak berbahaya.

Sebelum melakukan penghilangan lemak, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan lemak tubuh Anda.

Penyebab Penimbunan Lemak Tubuh

  • Konsumsi gula berlebih

Mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi, resistensi terhadap insulin dan bertambahnya timbunan lemak merupakan 3 hal yang saling berkaitan. Kadar gula yang tinggi dalam darah akan menyebabkan resistensi terhadap insulin sehingga konsumsi gula dalam makanan sehari-hari Anda perlu dibatasi.

Langkah yang dapat dilakukan yaitu berhenti minum soda, makan makanan olahan yang mengandung gula, kurangi konsumsi jus buah dengan gula dan susu kental manis serta mulailah untuk minum air putih yang cukup dan memakan buah langsung tanpa dijus. Buah yang utuh akan memberi serat dan nutrisi yang banyak bagi tubuh.Buah Tinggi Gula Yang Perlu Diwaspadai juga karena dapat menimbun lemak.

  • Diet rendah protein

Melakukan diet rendah protein menyebabkan timbunan lemak diperut dalam jangka waktu lama. Mereka yang mengkonsumsi protein dalam jumlah yang dianjurkan sebagian besar memiliki perut yang todak buncit.

  • Menopause

Menopause biasanya terjadi setahun setelah seseorang mengalami menstruasi terakhirnya. Dalam jangka waktu tersebut, tingkat estrogen akan berkurang secara drastis dan menyebabkan lemak disimpan di dalam perut, bukan pinggang atau paha.

  • Makan Berlebih saat stres

Depresi sangat berkaitan dengan berkurangnya aktivitas fisik serta kebiasaan makan yang buruk. Depresi ataupun stres dapat menyebabkan perilaku makan yang berlebih. Kelebihan kalori yang disimpan sebagai lemak tersebut tidak disalurkan ke seluruh tubuh, tapi disimpan di dalam perut sehingga menyebabkan penimbunan lemak.

  • Mengkonsumsi lemak trans

Lemak trans merupakan senyawa yang tak sehat. Lemak trans biasanya digunakan sebagai bahan pengawet untuk makanan kemasan seperti kue kering, muffin dan makanan ringan lainnya. Lemak trans ini terbukti mampu menyebabkan inflamasi yang menjadikan tubuh resisten terhadap insulin, penyakit jantung dan berbagai penyakit lainnya.

  • Makan sebelum tidur

Ketika tidur, tubuh biasanya akan memperlambat semua sistem biologisnya. Dengan demikian, jika Anda makan sebelum tidur maka tubuh tidak akan memproses semua makanan tersebut secara efisien dan malah akan menyebabkan timbunan lemak. Sebaiknya berhentilah makan minimal 2 jam sebelum tidur.

  • Faktor genetik

Penyebab yang satu ini bukanlah hal yang dapat diubah. Faktor genetik memiliki andil besar dalam risiko obesitas. Dalam penelitian yang dilakukan tahun 2014, ditemukan 3 gen baru yang mempengaruhi meningkatnya rasio pinggang dan pinggul serta timbunan lemak di daerah perut.

Selain olahraga yang teratur dan menjaga pola makan, pemilihan makanan yang tepat juga akan membantu Anda dalam menghilangkan lemak tubuh. Ada berbagai jenis kandungan makanan yang fungsinya dikaitkan dengan menurunnya kadar lemak dalam tubuh. Fungsi tersebut tentu dapat dimanfaatkan dalam menghilangkan lemak dengan maksimal. Lantas apa sajakkah makanan yang mampu mengurangi asupan lemak hingga menghilangkan lemak?

Makanan Penghilang Lemak Dalam Tubuh

  • Jeruk

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah jeruk bisa membantu tubuh serta metabolisme berfungsi dengan lebih optimal untuk menghasilkan energi dan gula yang ada dalam jeruk tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Jumlah kalori dan serat pada jeruk dipercaya dapat membantu masuknya kadar glukosa tanpa khawatir berat badan naik.

  • Tomat

kalori dalam tomat memang rendah, namun kandungan seratnya mampu membuat perut kita leluasa untuk bergerak. Tomat juga dapat membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh.

  • Cabai

Cabai memiliki kandungan berupa capsaicin yang ekstraknya disebut dapat menurunkan kadar lemak hingga menurunkan berat badan karena zat tersebut akan membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

  • Teh hijau

Fitonutrien dalam teh hijau sangat baik bagi tubuh. Kandungan katekinnya juga mampu mempengaruhi metabolisme.

  • Bumbu dapur

Beberapa contoh bumbu dapur yang dapat membantu membakar lemak adalah jahe, lada hitam, ginseng dan lain sebagainya. Semua bahan tersebut memiliki fungsi masing-masing seperti membantu pencernaan, membantu memecah lemak dan meningkatkan energi.

  • Kacang Almond

kacang almond merupakan salah satu menu diet yang bergizi tinggi. kacang ini dapat dijadikan camilan renyah yang membantu Anda mengatasi rasa ingin makan saat lapar melanda.

  • Paprika

Paprika membantu membakar lemak dan memberi rasa lebih dalam setiap masakan yang dihidangkan. Sama seperti cabai, paprika juga mengandung senyawa berupa capsiacin yang berperan dalam proses pembakaran lemak serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Jangan merasa khawatir akan terserang diare setelah mengkonsumsi bahan ini, karena dari sebuah penelitian dikatakan bahwa paprika memiliki manfaat dalam mencegah masalah perut dan memusnahkan bakteri jahat.

error: Content is protected !!