Lari Pagi, Olahraga Ringan nan Menyehatkan

Lari pagi adalah alternatif olahraga yang baik bagi kesehatan. Olahraga yang dilakukan saat pagi hari seperti berlari dianggap cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Lari pagi sebelum sarapan akan membantu tubuh membakar kalori lebih banyak. Rata-rata, berlari dengan kecepatan 8 km/jam akan membantu membakar 140 kalori. Pemilihan waktu yang pas untuk lari pagi adalah pukul 06.00-09.00.Gejala Kanker Serviks Yang Perlu Diwaspadai yang juga mengancam khalayak ramai bagi perempuan.

Selain pemilihan waktu yang tepat, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan untuk mempersiapkan kondisi tubuh terbaik sebelum memulai lari pagi.

Tips Memulai Lari Pagi

  • Jangan biarkan perut kosong

Sebelum memulai lari pagi, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengisi perut Anda dengan camilan seperti buah, jus atau juga yoghurt minimal 30 menit sebelum berlari. Hal ini dimaksudkan agar Anda terhindar dari pusing atau cepat lelah ketika berlari dengan perut kosong. Selain itu, mengisi perut sebelum berolahraga juga akan menyiapkan kondisi tubuh menjadi lebih baik. Usahakan agar mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat  atau bahan makanan yang mampu menghasilkan sumber tenaga.

  • Pemanasan

Pemanasan atau peregangan akan membantu agar tubuh Anda lebih lentur serta mencegah cedera dan kram. Lakukan beberapa teknik peregangan yang ringan sebelum Anda mulai berlari. Anda bisa melakukan gerakan jumpig jack sebanyak 3-5 set atau lari di tempat untuk melemaskan otot tubuh. Jangan lupa juga untuk menggerakkan anggota badan seperti tangan dan kepala agar seluruh tubuh Anda siap.

  • Gunakan Pakaian yang tepat

Dengan pakaian yang tepat, kegiatan lari pagi Anda akan terasa lebih menyenangkan. Tanpa pakaian yang tepat, beberapa hal buruk mungkin dapat terjadi seperti penampilan yang berantakan akibat ketiak basah, kurang pede karena baju kekecilan, kaki lecet akibat sepatu terlalu kecil atau hal lainnya yang mengganggu. Jadi, sebelum mulai lari pagi, ada baiknya untuk menyiapkan pakaian yang tepat dan nyaman.

  • Pendinginan

Setelah Anda puas berlari, maka ada baiknya untuk melakukan pendinginan selama beberapa saat. Tarik nafas dalam-dalam lalu keluarkan perlahan melalui mulut. Lakukan kegiatan ini selama 1-2 menit.

Lari pagi memang sangat baik bagi kesehatan. Namun cara yang salah dalam berolahraga ini kadang sering terjadi sehingga manfaat yang dirasa pun seolah tak ada. Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar lari pagi dapat menghasilkan manfaat yang maksimal. Berikut ini penjelasannya.

Tips Memaksimalkan Lari

  • Condongkan badan ke depan

Anda dapat membayangkan bahwa dada Anda sedang ditarik ke depan. Saat lari sebisa mungkin hindari posisi bahu yang membungkuk agar saluran nafas dapat bekerja maksimal.

  • Bernafas secara perlahan

Usahakan untuk berlari dengan nafas yang perlahan dan rileks, jangan berlari dengan nafas yang terlalu cepat agar Anda tak mudah lelah.

  • Pastikan tidur cukup

Jika Anda sudah cukup tidur, maka lari Anda akan semakin berkualitas. Badan akan terasa lebih segar dan hati terasa lebih senang saat berlari. Jika malam sebelumnya Anda begadang, maka akan lebih baik jika waktu pagi Anda gunakan untuk beristirahat saja. Memaksakan berolahraga tidak malah membuat badan Anda menjadi segar, tetapi Anda akan merasa pusing.

Dengan berlari pagi, Anda dapat menikmati udara bersih dan suasana pagi yang nyaman sebelum melakukan aktivitas harian. Berlari secara teratur selama 30 menit dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Tak hanya itu, berlari juga memberi banyak manfaat lain yang siap menggoda Anda.

Manfaat Olahraga Lari Pagi

  • Mengurangi Stres

Berlari dapat membantu memperbaiki mood Anda serta mengurangi tingkat stres, depresi dan cemas. Saat berolahraga, tubuh secara otomatis akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon tersebut akan bekerja dengan berinteraksi dengan reseptor di otak untuk mengurangi depresi.

  • Meningkatkan kesehatan kardiovaskular

Tekanan darah, kadar kolesterol dan kadar gula dapat dikendalikan dengan olahraga lari. Manfaat dari lari pagi adalah membantu Anda menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

  • Terhindar dari masalah persendian

Dengan melakukan lari pagi, osteoarthitis dan osteoporosis dapat Anda hindari dan membuat tulang dan otot sendi menjadi lebih kuat. Akan tetapi bagi Anda yang sudah memiliki radang sendi, alangkah lebih baik agar berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum melakukan aktivitas fisik. Hal ini dilakukan agar terhindar dari persendian yang membengkak.

  • Memperkuat tulang

Berlari adalah aktivitas menahan beban yang akan membantu meningkatkan kekuatan dan kepadatan tulang. Berlari secara rutin akan meningkatkan massa tulang. Sebuah penelitian menyatakan bahwa pria yang berolahraga lari memiliki tulang lebih kuat dibanding yang tidak beraktivitas fisik.

  • Menunda penuaan dini

Berdasarkan penelitian, berlari selama 30-40 menit setiap hari dapat mengurangi penuaan sel hingga 9 tahun. Faktor gaya hidup yang buruk seperti malas berolahraga dapat menyebabkan tubuh tidak mampu mengimbangi kerusakan sel akibat radikal bebas.

  • Menurunkan berat badan

Lari pagi dengan kecepatan 8 km/jam akan membantu membakar kalori sebanyak 295 kkal. Sementara berjalan dengan kecepatan 5,5 km/jam mampu membakar 140 kalori. Dengan demikian, dengan berolahraga lari maka kalori semakin banyak terbakar sehingga berat badan Anda akan menurun hingga batas ideal.

  • Meringankan gangguan tidur

Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang berolahraga dengan lari pagi, memiliki tidur yang lebih berkualitas dibanding yang tidak berlari pagi. Bagi Anda yang sering mengalami gangguan tidur, Anda bisa mencoba melakukan olahraga yang satu ini.

Nah, demikianlah tips serta manfaat melakukan olahraga lari pagi. Mulailah hidup sehat dan awali hari dengan berlari pagi. Semoga tulisan ini dapat membantu Anda dan selamat mencoba.

error: Content is protected !!